UM (Universitas Negeri Malang) menerima kunjungan UPN (Universitas Pembangunan Nasional) Veteran Yogyakarta Senin, 20/03/2023, di Aula lantai 1 Graha Rektorat UM. Kegiatan ini dalam rangka benchmarking tentang penglolaan layanan informasi publik.

Kepala Biro AKPK UPN Yogyakarta, Indah Widowati, MP yang bertindak sebagai ketua rombongan menyampaikan maksud adan tujuan kedatangan ke UM, untuk melihat implementasi keterbukaan informasi di UM.

“Kami melihat di laman UM bahwa prestasi PPID itu sangat luar biasa progresnya dari tahun 2016 meningkat terus dan yang terakhir itu pada tahun 2022 kemarin memiliki nilai 99,95. Kami dari tim PPID UPN Veteran Yogyakarta ke sini untuk ngangsu kaweruh, belajar serta ingin mengetahui kiat-kiat tentang apa yang dilakukan oleh tim sehingga bisa mencapai prestasi yang seperti ini,“ tutur Indah Widowati, M.P.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Data, Infomasi, Pemeringkatan, Humas dan Kerjasama (DIPHK), Dr. Yuni Rahmawati, S.T., M.T. menyampaikan terima kasih atas kepercayaan UPN Jojga mengunjungi UM. dalam forum tersebut Dosen Departemen Teknik Elektro dan Informatika FT UM juga memaparkan proses panjang yang dilalui tim PPID UM.

Support itu penting. Raihan kategori informatif yang kami dapat prosesnya sangat panjang, datangnya dari bawah ke atas. Semuanya menyambung. kami membuat sebuah situasi bagaimana semua unit itu merasa memiliki, semuanya membantu dari segala sisi,” jelas Dr. Yuni Rahmawati, S.T., M.T.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan penyampaian gambaran mengenai PPID UM yang disampaikan oleh Suhardi, S.Pd. UM sangat terbuka dalam menjawab berbagai pertanyaan yang disampaikan oleh delegasi UPN Veteran Yogyakarta. Begitupun sebaliknya, diskusi berjalan santai dan serius. Kiat-kiat dan berbagai pertanyaan berhasil terjawab melalui studi banding ini.

Suhardi, S.Pd., menyampaikan bahwa beberapa hal yang cukup penting adalah sumber daya manusia yang memegang prinsip K3P yang meliputi kompeten, konsisten, komitmen, dan peduli. “Yang penting adalah P terakhir, yakni peduli. Jadi kepedulian itu menumbuhkan kerjasama yang baik antara satu sama lain,” tutur Hardi.

Harapannya kegiatan ini mampu menjadi tolok ukur dan saling belajar untuk implementasi layanan informasi publik yang semakin baik.

Pewarta : Zanadia Manik Fatimah

Editor: Nahdiatul Affandiah

Social Share Buttons and Icons powered by Ultimatelysocial
Skip to content