Tugas dan Fungsi

Tugas dan Fungsi Personalia Pengelola PPID UM:

1. Tugas dan Fungsi Atasan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi
Tugas:
Memberikan arahan dan pembinaan atas pengelolaan informasi dan dokumentasi publik
di lingkungan Universitas Negeri Malang.
Fungsi :
a. Pembina dan pengarah atas berbagai persoalan yang terkait dengan pelaksanaan
pelayanan informasi publik di lingkungan Universitas Negeri Malang (UM).
b. Pemberian pertimbangan atas informasi yang dikecualikan, pertimbangan atas
keberatan, dan penyelesaian sengketa informasi di lingkungan Universitas Negeri Malang (UM).

2. Tugas dan Fungsi PPID UM
Tugas:
Merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, mengawasi dan mengevaluasi
pelaksanaan kegiatan pengelolaan dan pelayanan informasi di lingkungan Universitas
Negeri Malang (UM).
Fungsi :
a. Penghimpunan informasi publik di lingkungan Universitas Negeri Malang (UM).
b. Penataan dan penyimpanan informasi publik yang diperoleh dari seluruh satuan
kerja di Universitas Negeri Malang (UM).
c. Pelaksanaan konsultasi informasi publik yang termasuk dalam kategori dikecualikan
dan informasi yang terbuka untuk public.
d. Pendampingan penyelesaian sengketa informasi.

3. Tugas dan Fungsi PPID Pembantu
Tugas:
Merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, mengawasi dan mengevaluasi
pelaksanaan kegiatan pengelolaan dan pelayanan informasi di lingkungan satuan kerja.
Fungsi:
a. Membantu PPID melaksanakan tanggung jawab, tugas dan kewenangannya;
b. Menyampaikan informasi dan dokumentasi kepada PPID secara berkala dan
sesuai kebutuhan;
c. Melaksanakan kebijakan teknis informasi dan dokumentasi sesuai dengan tugas
pokok dan fungsinya;
d. Menjamin ketersediaan dan akselerasi informasi dan dokumentasi bagi pemohon
layananan informasi secara cepat, tepat berkualitas dengan mengedepankan
prinsip-prinsip pelayanan prima; dan
e. Mengumpulkan, mengolah, mengkompilasi bahan dan data lingkup UNIT KERJA
masing-masing menjadi bahan informasi publik