UM Raih Anugerah Predikat Menuju Informatif

UM Raih Anugerah Predikat Menuju Informatif

Jakarta — Universitas Negeri Malang (UM) meraih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dengan kualifikasi Badan Publik “Menuju Informatif” dari Komisi Informasi Pusat (KI Pusat), Kamis pagi (21/11), di Gedung II Istana Wakil Presiden Republik Indonesia.

Anugerah tersebut berdasarkan hasil dari kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) KIP Bulan September – November 2019. Predikat ini merupakan kedua kalinya diraih UM, setelah tahun 2018 juga mendapat predikat menuju informatif.

Wakil Rektor II UM, Prof. Dr. Heri Suwignyo, M.Pd
mewakili UM dalam penerimaan penghargaan

Berdasarkan laporan kegiatan Monev yang disampaikan Ketua KI Pusat, Gede Narayana, terdapat 355 Badan Publik di seluruh Indonesia yang mengikuti kegiatan Monev KIP 2019, namun masih lebih dari setengahnya masih masuk kategori Badan Publik “Kurang Informatif”, sedangkan sisanya mendapatkan kategori “Cukup Informatif”, “Menuju Informatif”, dan “Informatif”.

Wakil Presiden RI, Prof. Dr. KH. Ma’ruf Amin, Mengajak meningkat Kan kepatuhan amanat UU KIP.

“Masyarakat Indonesia saat ini aktif dalam mencari informasi. Oleh karena itu sebagai badan publik kita harus memberikan informasi yang baik dan dialiukan secara dua arah”, terangnya.

Kabag KSH dan Kasubag Humas ikut bangga atas prestasi UM

lebih lanjut, Wapres RI menyampaikan bahwa
Pemerintah memberi perhatian kepada komisi informasi pusat, dan mendorong komisioner KIP untuk terus berinovasi mengawal Keterbukaan informasi.

Sementara itu Wakil Rektor II UM, Prof. Dr. Heri Suwignyo, M.Pd yang hadir mewakili Rektor UM mengamini hasil yang raih oleh PPID UM.
“Kita bersyukur atas hasil yang diraih oleh UM. Dari kontestan yang berpartipasi dalam Monev KIP ini, UM berada pada Kategori menuju informatif bersama 4 perguruan tinggi lainnya. Hasil ini merupakan kerja keras dari semua pihak terutama Tim PPID UM. Tentunya masih ada evaluasi yang perlu untuk ditingkatkan, dan ini akan Kita siapkan untuk tahun mendatang”, jelasnya.

Wakil Rektor II UM diapit Kabag KSH dan Kasubag Humas serta Staf PIID UM Suhardi, S.Pd
berfoto bersama setelah menerima Anugerah KIP 2019

Selain itu, WR II UM juga menargetkan tahun 2020 UM bisa meningkat menjadi badan publik yang informatif. “Hasil juga menjadi tolok ukur, apabila tahun lalu dan tahun ini kita masih berada dalam kategori menuju informatif, tentunya tahun depan harusnya menjadi badan publik yang informatif. Kita akan pelajari mulai dari sekarang masing2 indikatornya, dan kita leengkapi kekurangannya”, lanjutnya.

Pewarta: Suhardi – Humas UM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *







This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Social Share Buttons and Icons powered by Ultimatelysocial